IBX5824419A08CC2

Tingkat Derajat Luka Bakar Untuk Mengetahui Penanganan yang Tepat



Cara Membalut luka bakar


Dalam kehidupan sehari-hari, bisa saja terjadi kecelakaan yang mungkin saja tidak kita inginkan. Misalkan saja terjadi luka bakar yang diakibatkan oleh tersengat matahari, terkena bahan kimia, api, air panas dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentu saja, penangan untuk hal ini tidak bisa sembarangan. Cara membalut luka bakar pada kulit yang cedera tidak bisa asal-asalan, karena salah sedikit bisa menyebabkan kulit lambat atau susah sembuh. Untuk menghindari infeksi, sebelum dilakukan penanganan lebih lanjut, ada baiknya menutup luka tersebut dengan Hansaplast. Hal ini dimaksudkan agar bakteri-bakteri tidak mudah menempel pada luka yang terbuka sehingga menyebabkan infeksi.

Ada beberapa tingkatan luka bakar yang perlu Anda ketahui. Mengklasifikasikannya sesuai tingkat keparahannya, akan membantu untuk mengetahui bagaimana cara penangan yang tepat.

Luka Bakar Derajat Satu
Umumnya luka ini diklasifikasikan sebagai luka bakar ringan. Lazimnya, luka ini diakibatkan oleh terkena uap panas, dalam beberapa saat bersentuhan dengan benda panas dan terpapar sinar matahari.

Luka bakar yang terjadi tingkatan ini hanya mengenai lapisan kulit terluar saja atau epidermis. Sehingga penanganannya tidak terlalu membutuhkan perawatan medis. Karena kulit bagian luar ini memiliki kecakapan untuk memulihkan jaringannya seperti semula hanya dalam waktu beberapa hari.

Luka Bakar Derajat Dua
Pada tingkat derajat luka bakar ini, bagian terluka mengakibatkan terjadinya kerusakan pada lapisan kulit luar (epidermis) dan juga lapisan kulit kedua (dermis). Biasanya hal ini ditandai dengan kulit melepuh, pecah-pecah, terlihat basah dan terasa pedih.

Luka bakar derajat dua ini, masih bisa ditangani di rumah dengan perawatan benar dan cara membalut luka bakar yang tepat. Bisa juga dengan menutup luka tersebut dengan Hansaplast, asalkan zona luka tidak terlalu luas. Umunya luka bakar tingkat ini diakibatkan oleh kulit terkena knalpot, percikan minyak, rokok yang masih menyala dan sumber panas lain.

Luka Bakar Derajat Tiga
Luka bakar jenis ini untuk pertolongan pertama pada luka bakar membutuhkan penanganan khusus oleh dokter atau tenaga medis. Karena luka ini sudah menembus lapisan ketiga pada kulit, termasuk juga saraf yang berada di dalamnya. Mendapatkan perawatan intensif secepatnya akan lebih baik bagi orang yang terkena luka bakar ini.
Penyebab luka bakarr deajat tiga ini biasanya disebabkan oleh terkena ledakan, kebakaran, tersengat listrik dan hal yang lainnya yang berasal dari sumber panas yang tinggi.

Luka Bakar Derajat Empat
Jika seseorang sudah dinyatakan terkena luka bakar derajat empat, biasanya solusinya adalah amputasi. Karena luka bakar ini menyebabkan terjadinya kerusakan pada seluruh lapisan kulit, saraf, bahkan mengenai daging dan tulang.

Nah, demikian  tingkatan dan klasifikasi dari tingkat luka bakar. Semoga dengan mengetahuinya, Anda dapat melakukan penangan yang tepat. Jika pun harus diperban untuk menghindari bakteri masuk ke dalam luka, lakukan cara membalut luka bakar yang tepat. Atau jika luka itu tidak terlalu besar, gunakan Hansaplast yang praktis namun mampu melindungi dari infeksi. 
Tingkat Derajat Luka Bakar Untuk Mengetahui Penanganan yang Tepat Tingkat Derajat Luka Bakar Untuk Mengetahui Penanganan yang Tepat Reviewed by Ayead Gaptek on 5:13 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.