IBX5824419A08CC2

Harga Hewan Kurban Menjelang Hari Raya

Harga Hewan Kurban

Harga hewan selalu bisa diprediksi kenaikannya, termasuk hewan-hewan untuk kurban. Harga kambing dan sapi yang banyak dijadikan kurban memiliki harga yang cukup stabil di hari-hari biasa. Namun menjelang hari raya, harga hewan ternak akan naik. Khususnya harga hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha. Sudah menjadi hal yang biasanya, jika mendekati musim haji harga-harga kambing dan sapi mengalami kenaikan. Banyaknya permintaan di waktu tersebut menjadi faktor kenaikan harga. Kenaikan bisa beberapa persen dari harga hewan biasanya. Seperti kambing yang bisa dijual 2 juta Rupiah dan sapi yang bisa mencapai lebih dari 15 juta Rupiah, jika sudah dekat dengan hari raya. Untuk menyiasati kenaikan harga, dapat melakukan beberapa alternatif berikut. 

Menyiasati Kenaikan Harga Hewan untuk Kurban
Jika harga hewan untuk kurban naik dan dirasa terlalu besar biayanya, Anda bisa mengganti dengan hewan untuk kurban yang nilainya lebih kecil. Apabila Anda berniat membeli seekor sapi kurban dan ternyata menjelang Idul Adha harganya naik, Anda dapat mengganti dengan kambing. Harga hewan kurban seperti kambing lebih ringan biayanya dibanding harus membeli sapi. Tidak apa-apa jika Anda menurunkan hewan yang akan dikurbankan. Hal yang paling penting adalah niat Anda yang tulus dan benar-benar berkurban untuk ibadah, tidak peduli besar kecilnya nilai hewan untuk kurban. 

Namun jika Anda tetap ingin berkurban sapi, ada solusi lain yaitu dengan patungan. Berkurban sapi dapat dilakukan dengan cara patungan dengan jumlah anggota maksimal 7 orang. Seperti unta, sapi juga merupakan salah satu hewan untuk kurban yang dapat dibeli dengan patungan. Hal tersebut dibenarkan sebab Rasulullah pun pernah patungan membeli hewan untuk kurban. Patungan atau iuran akan meringankan biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap orangnya. Anda tetap bisa berkurban sapi dan tidak terlalu terbebani oleh harga hewan kurban yang naik menjelang Idul Adha. Iuran untuk kurban boleh dengan saudara atau keluarga dekat. Diperbolehkan juga iuran dengan orang lain, seperti  iuran sesama ibu-ibu pengajian atau kelompok masyarakat lainnya.

Alternatif lain untuk mengatasi kenaikan hewan, adalah dengan membeli jauh-jauh hari. Membeli hewan beberapa minggu atau satu bulan sebelum musim kurban. Harganya pasti lebih murah dan terjangkau, jika Anda membeli sebelum musim kurban. Namun untuk membeli hewan pada waktu yang terlalu lama sebelum Idul Adha, mengharuskan Anda merawat hewan terlebih dahulu. Sebelum diberikan ke tempat penyembelihan hewan saat kurban, hewan yang sudah dibeli perlu diberi makan setiap hari dan juga memerlukan tempat sementara sebelum dipotong. Maka dari itu hanya orang yang punya tempat dan waktu saja yang bisa menyiasati kenaikan harga hewan kurban dengan solusi yang satu ini. 
Harga Hewan Kurban Menjelang Hari Raya Harga Hewan Kurban Menjelang Hari Raya Reviewed by Ayead Gaptek on 2:48 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.