IBX5824419A08CC2

Wajib Tahu Perbedaan RAM dan ROM Buat Kamu yang Ngaku Gagdetholic

Perbedaan Ram dan Rom

Ngaku anak teknologi kelas heavy tapi gak tahu perbedaan RAM dan ROM? Memalukan. Sungguh keterlaluan jika gagdetholic yang sudah sangat akrab dan sering sekali mendengar istilah RAM dan ROM, lalu dengan lantang kerap mengatakan bahwa ponsel smartphone yang keren itu harus punya RAM besar sementara ROM bisa ditunjang dengan ROM eketernal. Tapi tidak tahu apa beda kedua istilah itu. 

Tapi tenang aja, melalui artikel ini. Kita akan kupas tuntas perbedaan kedua istilah itu. Kita akan jelaskan secara gamblang apa saja perbedaan antara RAM dan ROM yang musti kamu tahu. Biar selesai baca artikel ini, pengetahuan kamu  mengenai keduanya sudah fasih. 

Perbedaan RAM dan ROM Yang Musti Kamu tahu
Tak perlu bicara panjang lebar lagi, ini nih perbedaan antara RAM dan ROM yang musti kamu tahu. 

1. Apa Itu RAM?
Sudah tahukan kalau RAM itu adalah akronim atau singkatan dari Random Access Memory. Kalau dilihat dari kinerjanya, RAM itu merupakan satuan untuk penyimpanan atau memory yang sangat berguna dan dibutuhkan untukoleh perangkat seperti ponsel smartphone dan juga komputer. RAM digunakan oleh komputer atau smartphone untuk menyimpan data aplikasi atau program yang ada di CPU secara real time. Karena bekerja secara real time, maka RAM tidak bisa kita gunakan untuk menyimpan data secara permanen seperti video, foto dan dokumen lainya. 

Jika dilihat dari jenisnya, RAM memiliki beberapa jenis:
SRAM (Static Random Access Memory), yaitu jenis RAM yang hanya mampu menyimpan sedikit data. Ia menggunakan sejumlah enam memori cell transistor. Jenis ini adalah jenis RAM yang paling cepat ketimbang jenis lainya. Hanya saja, karena memiliki kecepatan yang bagus, harga jenis RAM ini juga lebih mahal ketimbang yang lainya. 

DRAM (Dynamic Random Access Memory), di banding dengan jenis pertama, jenis RAM ini malah hanya mampu menyimpan data lebih sedikit lagi, ia hanya menggunakan sepasang transistor dan kapasitor. Maka soal harga, DRAM lebih murah ketimbang SRAM. 

2. Apa Itu ROM?
Kalau sudah mengerti RAM, kali ini kita bahas ROM. Sama seperti RAM, ROM juga merupakan akronim dari kata Read-Only Memory. Maka sesuai dengan namanya, ROM hanya memungkinkan untuk dibaca oleh komputer (read only). Ia masuk dalam kategori memori non-volatil, sehingga ia tidak akan hilang sekalipun tidak ada daya listrik yang mengalitr ke dalamnya. Ia juga memungkinkan untuk digunakan sebagai firmware sekaligus juga bisa dilakukan update. Dilihat dari tipenya, ada beberapa jenis ROM, yaitu:

Mask ROM. Tipe ini menggunakan jenis data yang datanya dtulis selama proses pembuatan chip memori.
PROM (Programmable Read-only Memory). Tipe ini menggunakan jenis data yang datanya ditulis setelah proses pembuatan chip memori. Jenis ROM ini adalah salah satu tipe non-volatil.

EPROM (Erasable Programmable Read-only Memory). Ia merupakan tipe ROM yang menggunakan jenis data chip memori non-volatil, di mana jenis datanya memungkinkan untuk dilakukan penghapusan dengan mengekspos sinar UV berintensitas tinggi ke ROM ini.

EEPROM (EEPROM atau Electrically Erasable Progammable Read-only Memory). Ia adalah tipe ROM yang menggunakan jenis data chip memori non-volatil, dimana datanya memungkinkan untuk di hapus secara elektrik dengan memanfaatkan emisi elektron.

Itulah beberapa perbedaan RAM dan ROM serta jenis-jenisnya. Baik menggunakan RAM maupun ROM masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. ROM ditujukan untuk menyimpan data secara permanen namun dengan sifat yang terbatas. Sementara RAM ditujukan untuk menyimpan data secara real time. 
Wajib Tahu Perbedaan RAM dan ROM Buat Kamu yang Ngaku Gagdetholic Wajib Tahu Perbedaan RAM dan ROM Buat Kamu yang Ngaku Gagdetholic Reviewed by Miftah Farid on 4:47 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.