IBX5824419A08CC2

Tips Memilih Hardisk Internal Terbaik

Hardisk adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Hardisk atau hard disk terbagi atas hardisk internal dan eksternal. Hardisk internal berada di dalam komputer atau laptop, sementara hardisk eksternal merupakan hardisk portabel. Pada hardisk internal, Anda menyimpan tidak hanya dokumen, musik, film dan program atau aplikasi. Sistem operasi suatu komputer atau laptop juga disimpan dalam hardisk internal. Karena itu spesifikasi suatu hardisk penting menjadi pertimbangan dalam memilih sebuah perangkat komputer. 

Hardisk Internal Seagate


Gunakan Pertimbangan Ini Dalam Memilih Hardisk Internal

Hardisk internal merupakan perangkat hardware yang sangat vital dalam suatu komputer. Bayangkan jika suatu ketika hardisk internal Anda rusak karena suatu sebab. Maka data-data Anda akan hilang, komputer atau laptop pun otomatis tak bisa berfungsi. Artinya, jika hardisk Anda rusak atau bermasalah, maka Anda harus segera memperbaikinya atau menggantinya dengan hardisk yang baru. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang bisa Anda gunakan dalam memilih hardisk internal. 

1. Pilih Sesuai Kebutuhan
Jenis-jenis hardisk internal ada banyak. Ada hardisk standar yang difungsikan untuk pemakaian personal sesuai kebutuhan standar. Namun jika Anda membutuhkan hardisk dengan spesifikasi tinggi untuk kebutuhan perusahaan juga ada. Hardisk dengan spesifikasi tinggi biasanya digunakan untuk server bagi perusahaan-perusahaan yang bekerja di bidang teknologi dan informasi. 

Hardisk internal standar dengan spesifikasi umum pun tersedia berbagai merek. Kapasitas hardisk standar saat ini semakin besar. Ada hardisk internal 250 GB hingga ukuran Terra. Nah, apabila kebutuhan Anda hanya menyimpan dokumen atau file dengan ukuran kecil sampai sedang atau menjalankan program atau aplikasi standar, maka Anda cukup menggunakan hardisk kapasitas dibawah 1 terra, misalnya 500 GB. 

Sebaliknya untuk kebutuhan perusahaan atau pekerjaan yang membutuhkan spesifikasi tinggi, Anda bisa menggunakan jenis hardisk internal khusus untuk perusahaan. Dimana hardisk tersebut memiliki kapasitas yang besar, kemampuan kerja yang lebih cepat dan efisien serta fitur-fitur lainnya yang mendukung kebutuhan Anda. Misalnya, memilih spesifikasi hardisk internal dengan kecepatan putaran hingga 15.000 RPM.

2. Cek Fiturnya
Hardisk internal maupun hardisk eksternal memiliki fitur-fitur yang mendukung. Misalnya ada hardisk internal dengan fitur pemulihan data untuk mengatasi apabila kita kehilangan data. Ada juga hardisk yang lebih tahan dengan voltase atau tegangan listrik yang kurang stabil. Kemudian hardisk yang memiliki kecepatan transfer file atau data yang lebih cepat. Jadi, selain cek kapasitasnya, lihat juga fitur-fitur lain yang dimiliki hardisk tersebut. 

3. Cek Garansi
Sebelum membeli hardisk internal maupun hardisk eksternal, pastikan Anda membeli dari penjual yang terpercaya. Usahakan untuk membeli barang dengan garansi. Rata-rata garansi hardisk internal diberikan mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan. Tentunya jika Anda membeli dari distributor resmi Anda akan mendapatkan produk yang asli dan bergaransi. Dalam membeli hardisk garansi sangat penting untuk mengantisipasi apabila terjadi masalah di kemudian hari. 

4. Pilih Merek Dengan Layanan Servis Terbaik
Apabila Anda membeli hardisk internal untuk kebutuhan kantor atau perusahaan, sangat penting memastikan adanya layanan servis yang baik. Hardisk merupakan perangkat yang sangat berharga bagi kelancaran pekerjaan dan perusahaan Anda. Jadi selalu pilih merek yang berkualitas dan memiliki layanan servis yang dekat, terjangkau dan sedia setiap saat. Ketika suatu waktu hardisk bermasalah, maka pemulihan data bisa dikembalikan dengan segera dengan layanan servis yang optimal. 

Dengan keempat hal yang dijadikan pertimbangan tersebut niscaya Anda akan mendapatkan hardisk dengan spesifikasi, jenis dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengingat pentingnya perangkat yang satu itu, Anda tentu tidak akan mengambil resiko bukan dalam memilih produk yang Anda gunakan. Selain itu, harga hardisk internal juga bisa dijadikan pertimbangan. Harga hardisk standar berkisar mulai lima ratus ribuan hingga 2 jutaan. Sementara hardisk dengan spesifikasi tinggi dapat mencapai lebih dari 8 jutaan. 

Contoh Hardisk Internal Dengan Spesifikasi Unggul

Jenis hardisk internal dengan spesifikasi tinggi dibawah ini umumnya digunakan untuk kebutuhan perusahaan. Hardisk dengan spesifikasi unggul didesain sedemikian rupa dengan teknologi tinggi dan fitur-fitur yang luar biasa. Hal ini tentunya untuk mengoptimalkan kinerja dan fungsi hardisk yang sangat mumpuni tidak hanya sebagai penyimpan data tapi juga untuk mendorong produktivitas dari kerja-kerja perusahaan itu sendiri. Seperti apa hardisk internal dengan spesifikasi tinggi? Berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. SEAGATE Enterprise 15k Dengan SED Turbo Boost 600GB
Salah satu merek hardisk internal terbaik adalah Seagate. Khusus untuk enterprise, Seagate menghadirkan banyak jenis hardisk internal dengan spesifikasi tinggi. Salah satunya adalah seri Seagate Enterprise 15K dengan teknologi SED Turbo Boost 600GB. Seagate enterprise 15K ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya kinerja yang sangat cepat dan tangguh untuk aplikasi berbasis transaksi. Termasuk diantaranya untuk mendukung analisis data besar, database dan arus transaksi yang ramai sekalipun. 

Kemampuan cachingnya sangat unggul, cocok untuk kebutuhan industri. Apalagi dengan adanya teknologi Seagate TurboBoost™ yang mendukung waktu respons begitu cepat dan optimal untuk efisiensi beban kerja. Hardisk internal ini cocok digunakan sebagai server berkinerja tinggi yang bisa mengelola multitransaksi secara cepat  sekaligus ekonomis. Adanya fitur Seagate Secure juga memberikan perlindungan dan keamanan maksimal bagi data Anda. Tentunya, hardisk seharga 8 jutaan ini akan sangat bermanfaat bagi Anda. 

2. SEAGATE Enterprise NAS HDD 8TB
Contoh hardisk internal lainnya yang memiliki spesifikasi tinggi adalah Seagate enterprise NAS HDD 8TB. Hardisk seharga 6 jutaan ini begitu tangguh dengan Batas Nilai Beban Kerja (WRL) mencapai 300 TB/tahun. Hardisk ini juga memiliki kecepatan putaran yang tinggi mencapai 7200 RPM. Selain itu kenyamanan Anda akan semakin terjamin dengan garansi hingga 5 tahun lengkap dengan opsi pemulihan data dalam jangka waktu yang sama. 

Seagate enterprise NAS HDD 8TB juga lebih efisien dalam konsumsi daya. Kapasitas yang super besar dan kemampuannya yang menakjubkan akan sangat menghemat biaya penyimpanan rackmount karena Anda tak membutuhkan banyak-banyak hardisk internal untuk sistem yang Anda bangun. Tentunya konsolidasi, kolaborasi dan penyimpanan data dengan satu atau beberapa hardisk ini cukup bagi kebutuhan Anda. 

Adanya Seagate Recovery Series juga memberikan ketenangan lebih dan menyelamatkan Anda dari situasi seperti kegagalan pengontrol RAID, konfigurasi yang hilang atau rekonfigurasi. Termasuk apabila terjadi inisiasi ulang RAID secara mendadak, partisi RAID yang hilang atau diformat ulang. Seagate Recovery Series juga bisa membantu Anda ketika terjadi kerusakan hardisk internal akibat kenaikan daya listrik yang tiba-tiba. 

Selain dua contoh hardisk internal diatas, masih banyak jenis hardisk internal berspesifikasi tinggi yang bisa Anda coba. Kini Anda lebih bebas dan fleksibel dalam memilih jenis hardisk internal sesuai dengan kebutuhan. Untuk kebutuhan pekerjaan yang optimal, maupun kebutuhan standar, Anda tinggal memilih hardisk dengan fitur yang tepat. Jangan lupa, dalam membeli atau memilih hardisk pastikan terdapat garansi dan layanan servis yang handal untuk kenyamanan dan keamanan Anda. 
Tips Memilih Hardisk Internal Terbaik Tips Memilih Hardisk Internal Terbaik Reviewed by Ayead Gaptek on 9:11 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.